Menu Close

Mantan Karyawan Pajak, Jadi Pengusaha Martabak

Untuk mengatasi dampak ini, ia melakukan sesuatu secara kreatif, agar orang mau datang dan akhirnya berbelanja mengembangkan produk dagangan mannequin yang menarik. Ia menyelesaikan pendidikan Sekolah lanjutan pertama dan atas di Jakarta. Ia kuliah di APP kemudian mengambil sarjananya pada tahun 1965 di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana, Jakarta. Selama tahun 1945 dan 1966, situasi politik nasional sedang kacau. Abdul Latief mengambil peran memasok makanan pada demonstran itu. Situasi belum pulih, tapi Abdul Latief diberi kepercayaan untuk mempelajari manajemen toserba dan supermarket di Seibu Group, Tokyo.

Berbisnis menuntut Anda untuk mengelola modal dengan baik dan benar, jika Anda salah mengambil langkah dalam penggunaan modal maka kerugianlah yang mungkin akan Anda dapatkan. Ingat kembali jika Anda masih berstatus karyawan berarti Anda memiliki waktu pengelolaan bisnis yang juga terbatas. Sehingga bisnis yang tidak membutuhkan modal terlalu besar merupakan pilihan yang pas untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan Anda. Ketiga, anak belajar langsung dari komunitas, bahkan kompetitornya. Seperti pesan sang ibu, tokoh anak yang gagal menjual es nanas disarankan untuk kembali ke pasar, untuk melihat bagaimana orang berjualan.

“Alasannya karena Ubpa melihat tidak ada nilai lebih dari produk pertanian. Selain itu, di Pariaman banyak memproduksi sagu tapi kurang pemanfaatannya. Karena Mi adalah makanan yang digemari masyarakat” ujar Ubpa. Jika Anda memilih kuliah sambil berbisnis, itu berarti Anda siap belajar dan memang dituntut untuk bisa memanajemen waktu dan keuanganmu secara matang. Anda dapat melatih manajemen keuangan dan waktu tersebut lewat bisnis yang Anda geluti dan lakukan. Masa kuliah merupakan ajang cari pengalaman sebanyak-banyaknya, agar memiliki bekal untuk menghadapi tantangan hidup di masyarakat setelah lulus.

‎Saya jujur kalau saya tidak ber-HIPMI, belum tentu hidup saya dalam dunia usaha akan jadi seperti ini. HIPMI telah memberikan saya banyak hal, dalam konteks pergaulan ekonomi. Uang yang itu 7 bulan habis juga, sempat jatuh bangun, sempat naik ojek lagi karena fasilitas ditarik kan. Mereka tidak mau, saya sampaikan, bahwa saya mundur bukan karena benci.

Anda juga bisa lebih mengurusi bisnis sampingan saat hari libur nasional atau akhir pekan. Ada perusahaan yang membebaskan karyawannya untuk beraktivitas atau mungkin memiliki bisnis sampingan selain pekerjaan utamanya. Namun, sebelum memulai bisnis, Anda pastikan terlebih dulu kontrak atau aturan di perusahaan Anda agar tak menjadi persoalan di kemudian hari. Akhirnya, ia merekrut dua orang remaja putus sekolah di sekitar tempat tinggalnya untuk membantu di bidang admin, pengemasan, pengiriman, dan belanja bahan.

Bisa jadi sekadar ‘musiman’, bisa juga menjanjikan dalam jangka panjang. Meski tak mau menyebutkan total omset dalam satu bulan, namun Umay memastikan keuntungannya bisa digunakan untuk menabung. Belum sampai puluhan juta karena memang ia tidak memproduksi sendiri produknya. Berkat berjualan susu, Mohamad Faisal Hidayat berhasil membiayai kuliahnya di Universitas Negeri Semarang hingga selesai. Gak jarang ia mendapat cibiran karena kemasan produknya masih ala kadarnya.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Pengembangan ekonomi berbasis bisnis-bisnis kreatif sangat mungkin dan potensial dikembangkan di sekolah. SMK bisa berperan sebagai penggerak industri ekonomi ini di masyarakat sebagai goal capaian ganda selain di bidang pendidikan. Jika ini berhasil maka kualitas game slot online lulusan SMK tentu akan menjadi lulusan berkualitas yang sangat diharapkan. Bidang pertanian adalah salah satu bidang yang memiliki berbagai potensi bisnis. Oleh karena itu, Kamu yang berkuliah di jurusan agribisnis dapat memilih beberapa jenis agribisnis yang Kamu minati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *