Komisi Xi Dpr Siap Dukung Pemulihan Pariwisata Indonesia

Nah, itu dia beberapa informasi terkini dari sektor pariwisata dalam negeri yang mungkin belum kamu ketahui. Seiring meredanya situasi pandemi, sektor Deposit Pulsa Tanpa Potongan akan kembali bangkit bahkan berkembang dengan pesat. Satu minggu setelah dibuka, masyarakat setempat menutup kembali akses masuk ke kawasan kampung tradisional tersebut.

Karena itu, saat ini semua sektor pariwista harus bisa beradaptasi, berinovasi dan berkolaborasi. Kemenparekraf sendiri terus berupaya berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam membangun presepsi bahwa Indonesia telah siap dengan new normal. Sandi menyebutkan, melihat perkembangan Covid-19 di tahun kedua ini, untuk menggenjot kunjungan pariwisata baik asing maupun domestik dibutuhkan sebuah kolaborasi kolosal. Sandi, mengatakan, kolaborasi itu harus dijalin dengan berbagai instansi terkait instansi seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum & HAM, Satgas Covid-19, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Perhubungan, elemen masyarakat dan dunia usaha. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, saat ini pihaknya menggenjot kunjungan pariwisata domestik antara lain melalui program Bangga Berwisata di Indonesia (#diindonesiaaja). Sandi menyatakan, ada 55 juta warga Negara Indonesia kelas menengah di Indonesia yang sangat potensial digarap untuk bisa berwisata di dalam negeri.

Dalam pelaksanaannya, sering terjadi import leakage dan export leakage. Untuk menghindari import leakage, kata Ibu Armida, perlu diupayakan peningkatan kualitas dan kuantitas supplai kebutuhan pokok yang memenuhi standar internasional. Dan untuk menghindari export leakage, dukungan terhadap dunia usaha lokal/domestik agar tertarik untuk berinvestasi pada usaha di bidang pariwisata perlu dilakukan. Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com kembali mempertegas komitmen untuk mendukung pemulihan pariwisata nasional. Wisatawan China, lanjut Ike, belum bisa diharapkan karena pemerintah mereka ingin membangkitkan pariwisata domestiknya terlebih dahulu. Sementara Australia mengambil kebijakan sangat ketat, sehingga kecil kemungkinan perjalanan ke Bali akan diizinkan dalam waktu dekat.

Presiden menjelaskan bahwa dalam indeks tersebut Indonesia memiliki 5 keunggulan dibandingkan negara lain, yaitu yang berkaitan dengan daya saing harga, prioritas kebijakan, daya tarik alam, keterbukaan, serta daya tarik budaya dan kunjungan bisnis. Menutup rapat, Menko Luhut meminta agar konsep Bangga Berwisata di Indonesia terus dimatangkan. Terus lakukan simulasi protokol kesehatan dan keamanan pada lokasi wisata.

Aturan mengenai PSBB tertuang di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 yaitu tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang merujuk ke UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan . Penerapan PSBB mengatur agar aktivitas sekolah, kerja, ibadah dilakukan di rumah, sedangkan tempat hiburan, wisata dan pusat perbelanjaan ditutup. Selain itu, hanya tempat usaha yang menyediakan kebutuhan pokok yang diperbolehkan buka dengan menerapkan protokol kesehatan. Selama penerapan PSBB, operasional moda transportasi dibatasi dan warga dilarang keluar dari wilayah PSBB. Data Kemenetrian Pariwisata 2018 menunjukkan, sejak 2013 sektor pariwisata menempati posisi keempat setelah minyak dan fuel bumi, batubara, serta kelapa sawit sebagai penghasil devisa negara. Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan untuk memajukan 10 destinasi wisata nasional.

Pariwisata Indonesia

Berbagai Sumber daya inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan mancanegara maupun domestik. Tidak hanya wisata alam yang beragam, wisata budaya, ziarah, serta sejarah di Indonesia juga tidak kalah menarik. Hal ini karena Indonesia memiliki ratusan suku budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Bisa dikatakan bahwa Indonesia memiliki paket lengkap yang menjadi nilai jual utama sektor pariwisata. Pariwisata menurut Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung oleh berbagai fasilitas dan layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, dan Pemerintah.

Tata

Leave a Reply