Terdampak Pandemi, Industri Pariwisata Harus Mampu Berinovasi

Selain pelaku industri pariwisata itu sendiri, juga melibatkan ekonomi kreatif, UMKM, pertanian dan perikanan, transportasi, dan sektor-sektor lainnya. Guntur mengajak anggota IPI untuk mampu menciptakan lapangan kerja yang besar. Sektor Pariwisata jadi salah satu sektor yang paling terpukul karena pandemi. Penurunan jumlah wisatawan, khususnya dari Tiongkok, mulai terasa di akhir Januari 2020.

Pariwisata saat ini

Ia mengatakan pariwisata akan terus bertahan dengan adanya adaptasi kebiasaan baru di semua aspek. Caranya, tentu setiap wisatawan yang hendak melancong ke destinasi wisata diharuskan menerapkan Protokol Kesehatan dan membawa surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil tes usap maupun tes cepat antigen. Hal ini tentu mengakibatkan banyak destinasi wisata, resort, bandara, pelabuhan, stasiun, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, dan sentra kuliner terpaksa ditutup oleh pemerintah untuk mencegah penularan Sars-Cov-2. Walaupun, saat ini situasinya sedang tidak mudah karena pandemi, sehingga menjadi tantangan berbagai pihak untuk mencari cara atau solusi untuk menghadapi krisis saat ini. Roadshow atau keliling untuk mensosialisasikan program WFB itu dilakukan bersama perwakilan Pemerintah Provinsi Bali dan asosiasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif Bali.

Henky menambahkan, selain pemberian stimulus, pihaknya juga terus mendorong agar penerapan standar Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability dilakukan oleh seluruh pelaku usaha yang terkait pariwisata, termasuk operator resort. FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah terus melakukan berbagai terobosan untuk pemulihan sektor pariwisata Indonesia. Slot Online Terpercaya Salah satunya, Kementerian Pariwisata memberikan bantuan melalui program Bantuan Insentif Pemerintah . Ingat juga ya, setiap kali Anda berkunjung ke sebuah destinasi pariwisata, Anda harus senantiasa memperhatikan aspek kesehatan diri seperti menjaga kebersihan, mencuci tangan, meningkatkan imunitas, serta mengindahkan arahan atau imbauan dari Pemerintah setempat.

Untuk itu, diperlukan protokol kesehatan yang ketat seiring dengan dibukanya industri pariwisata di Indonesia. Dirjen IKP berharap, dengan bantuan dari pemerintah ke berbagai pelaku industri pariwisata dapat mengembangkan industri pariwisata dalam negeri. Dengan cara, mampu beradaptasi dengan aturan yang diterbitkan pemerintah yakni taat prokes ketika melakukan aktivitas di atas.

Maka dari itu, beberapa karyawan resort di Bali hanya dibayar setengah gaji. Pemotongan ini diperlukan agar usaha tetap berjalan namun juga menjaga kebutuhan ekonomi para karyawan. Beberapa manajemen hotel juga meminta para perkeja mereka untuk cuti saat sedang sepi.

Maskapai penerbangan menelan kerugian cukup besar dan pemesanan tiket pesawat menurun hingga 50%. Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia lebih dari delapan bulan ini membuat berbagai sektor penopang ekonomi Negara mengalami kondisi yang tidak menentu dan cenderung berada pada situasi melemah yang signifikan. Pariwisata yang identik dengan keramaian dapat menyebabkan sosialisasi dan protokol Kesehatan tidak akan mampu diterapkan sepenuhnya di tempat wisata, namun pemerintah menilai ketika pariwisata tidak segera dibuka maka pengelola akan minus pemasukan dan ada dalam kerugian.

Tata

Leave a Reply