Napas Baru Dunia Pariwisata Indonesia

Satu minggu setelah dibuka, masyarakat setempat menutup kembali akses masuk ke kawasan kampung tradisional tersebut. Hal ini didasarkan pada musyawarah masyarakat, yang memutuskan untuk menutup kembali desa wisata tersebut hingga berakhirnya wabah Covid-19. “Mudah-mudahan dengan adanya stimulus yang digelontorkan pemerintah akan membangkitkan sektor pariwisata ini.

Salah satu cara yang telah dilakukan oleh pemerintah adalah memberikan insentif kepada masyarakat Indonesia berupa diskon di berbagai sektor pariwisata. Diskon tersebut digunakan untuk menjadi stimulus bagi pariwisata sebagai dampak dari Daftar Togel Online virus corona (COVID-19). Namun, sejak adanya pandemi virus corona ini, telah mengubah kondisi Kota Batu yang biasanya selalu ramai dengan para wisatawan untuk berlibur, tetapi, untuk saat ini tidak ada lagi kendaraan yang berlalu lalang.

Peran pemerintah dalam memulihkan ekonomi industri pariwisata memang sangat terasa. Tidak hanya pada saat pandemi Covid-19 tapi juga pada kondisi rill di lapangan, dimana menurut information PHRI occupancy kegiatan MICE dari pemerintah mencapai 30-40% dari pendapatan sektor resort dan restoran serta industri pariwisata pada umumnya. Sementara itu dengan kondisi 96% pelaku industri pariwisata yang masuk dalam katergori UMKM, adanya program Dana Hibah Pariwisata ini berarti sekali, terutama bagi pelaku yang tidak mendapatkan akses yang mudah ke institusi finansial. Ketiga, melakukan kerjasama dengan influencer luar negeri dan domestik untuk mempromosikan pariwisata Bali pasca pandemi corona. Saat ini influencer sangat berpengaruh khususnya dimedia sosial sehingga akan sangat membantu untuk menarik wisatawan datang ke Bali.

Pariwisata saat ini

Dengan kebersamaan diyakini bersama stakeholder pariwisata yang mumpuni di bidangnya. Kunjungan Sandiaga Uno ke Bali untuk memastikan kesiapan protokol kesehatan di Bandara I Gusti Ngurah Rai maupun di sejumlah destinasi wisata. Ia berharap, pariwisata Bali bisa segera pulih kembali dengan protokol kesehatan yang ketat. Dana Hibah Pariwisata ini juga akan membantu persiapan destinasi dan pemda untuk menyambut wisatawan pasca pandemi Covid-19 berlalu. Dengan menyiapkan protokol kesehatan membuat keyakinan masyarakat untuk kembali berwisata kembali tumbuh seperti sedia kala. Kemenparekraf menyebut, sedikitnya ada 34 juta orang Indonesia bergantung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pariwisata Bali membuka peluang besar untuk tumbuhnya ekonomi kreatif sambungnya, pilar yang menyangga pertumbuhan ekonomi kreatif yakni, inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Ini bukan program pribadi saya, tapi program Bapak Presiden, dan kegiatan kewirausahaan berbasis lapangan kerja akan masuk dalam pilar kolaborasi dan dengan siapa saja, seluruh elemen masyarakat. Peningkatan peran dari Pokdarwis yang tersebar di seluruh desa wisata diharapkan dapat menjadi agen perubah , motor penggerak masyarakat dalam membangun industri kreatif di desa, sekaligus menginisiasi gerakan bersama menjaga destinasi pariwisata.

Tujuh rekomendasi ini didasarkan pada dampak yang sudah terjadi, baik dalam skala international atau nasional. Di sisi lain akan dilakukan pendekatan storynomics tourism yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan kekuatan budaya, serta pemanfaatan skema KPBU dalam membangun pusat-pusat hiburan, yang mampu menyerap banyak wisatawan. Organisasi Pariwisata Dunia PBB menyatakan bahwa Pariwisata merupakan bagian dari Sustainable Developmen Goals. Dalam konteks inilah advertising tourism menjadi sangat penting untuk membangun keberlanjutan serta dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Tercatat, pada triwulan II tahun 2020 perekonomian Bali menurun hingga minus 10,ninety eight persen. “New normal tersebut ternyata inline dengan apa yang sudah dipersiapkan Kemenparekraf. Sangat dasar, ditambah dengan protokol-protokol kesehatan yang sedang kita persiapkan. Seperti protokol kesehatan di bandara, restoran, resort, tempat hiburan, bioskop, juga terus dipersiapkan. Karena kita juga ingin perekonomian harus tetap berjalan, harus tetap sustainable. Untuk itu antisipasi kebutuhan menghadapi new normal, yang harus dipersiapkan salah satunya adalah kebutuhan dasar,” kata Wishnutama dalam keterangan resminya, Senin eleven Mei 2020.

Tidak lupa pula agar selalu memperbaharui nformasi tentang rumah sakit rujukan sekitar destinasi pariwisata. Selanjutnya untuk Manado, Nia menyebutkan dampak begitu terasa lantaran pasar wisatawan terbesar di sana berasal dari China. Tutupnya penerbangan dari dan ke China membuat destinasi wisata di Manado mengalami dampak paling besar. Padahal, bila dilihat dari dunia pariwisata, selama ini China memang berkontribusi besar mendatangkan wisatawan asing di kawasan Asean. Namun, sejak isu virus ini meluas, pemerintah China melarang warganya untuk meninggalkan negara mereka.

Tata

Leave a Reply