Menu Close

Entrance Nasional Dalam Percaturan Kekuatan Politik Indonesia

“Sebab kalau mereka terus berperang, Amerika malah tersenyum, karena bisa menang dengan gratisan,” tandasnya. Jakarta, JENDELANASIONAL.ID — China telah tampil sebagai salah satu negara agresor baru, selain Amerika Serikat. Salah satunya, terbukti dari kekuatan China dalam membangun angkatan bersenjata, khsususnya angkatan lautnya, dengan membangun dua kapal induk, yaitu Shandong dan Liaoning. Namun kapal induk China digerakkan oleh tenaga konvesional, tidak seperti kapal induk Amerika Serikat yang berbahan bakar nuklir, karena itu bisa bertahan lama di laut.

Marchaban menambahkan, terlepas dari duel Irene dan Dewa Kipas, diharapkan kedepan prestasi percaturan di Indonesia khususnya di Kabupaten Cilacap semakin baik dan mampu terus berkembang. Terlebih di tahun ini sejumlah even sudah menanti, seperti kualifikasi Pra Porprov Jateng dan Pordulongmas 2021. Disinggung soal kabar Percaturan di Kabupaten Cilacap, Marchaban mengungkapkan, sejauh ini sudah cukup bagus dan mampu menyumbangkan sejumlah medali di ajang bergengsi. Hal itu merupakan salah satu bukti nyata dari keberhasilan regenerasi atlet muda asli Cilacap yang dibina oleh Percasi Kabupaten Cilacap.

Tidak hanya berkeliling, para ulama besar berhaluan Syiah dan Sunni itu akan dipertemukan di Indonesia dengan NU dan ICIS sebagai garansinya. Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia tidak bisa berpangku tangan melihat penderitaan negara-negara muslim tersebut. judi online Hasyim menuturkan, Indonesia saat ini telah mengulurkan bantuan penyelesaian melalui dua jalur pendekatan. Dalam hal ini Menlu RI Hasan Wirajuda telah berkeliling ke negara-negara Timur Tengah yang sedang dilanda konflik, plus beberapa negara Eropa, untuk mengusahakan perdamaian.

Tidak mengherankan, apabila saat ini Nasionalisme ataupun Wawasan kebangsaan ke-Indonesia-an, menjadi barang mewah yang sangat sulit ditemukan di kalangan generasi muda. Wawasan kebangsaan bukan merupakan sesuatu yang menarik untuk dibahas atau bahkan menjadi trendsetter dalam kehidupan kalangan muda. Mungkin ada benarnya bila banyak orang menyimpulkan bahwa generasi muda Indonesia sedang mengalami krisis wawasan kebangsaan. Wawasan kebangsaan, kini terasa menjadi sesuatu yang bersifat abstrak tak tersentuh dan mengalami sebuah pendangkalan makna secara mendasar. Globalisasi yang menembus batas-batas negara telah mengaburkan persepsi dan wawasan kebangsaan, sesuatu yang justru merupakan hal yang sangat esensial dalam mempertahankan eskistensi dan kedaulatan negara. Oleh karena itu, berbicara soal wawasan kebangsaan akan terdengar asing, dan bagi mereka yang berapi-api membelanya akan dianggap sebagai anomali ditengah kehidupan modern.

Tak satu negara pun bisa bertahan hanya dengan sekadar menyejajarkan diri dengan pesaing atau bahkan dengan mereka yang dianggap unggul, melainkan bangsa ini harus menyejajarkan diri dengan mereka yang masuk “kelas dunia”. Di tengah semakin kaburnya wujud dan bentuk ancaman yang berkembang dewasa ini, potensi ancaman tidak lagi dalam bentuk ancaman yang bersifat fisik. Invasi dalam bentuk pengerahan kekuatan militer tidak lagi menjadi pilihan bagi negara – negara memiliki kepentingan atas negara lain. Ideologi, politik, ekonomi dan budaya kini merupakan pilihan negara – negara lain untuk memaksakan kepentingannya dan “menaklukan” negara lainnya. Namun demikian, dampak yang ditimbulkan menyentuh hampir seluruh sendi – sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di perkotaan maupun hingga pelosok desa.

Saat itu, dia diduga melakukan kecurangan saat tanding melawan salah satu Master catur asal Amerika Serikat yang juga merupakan seorangyoutuber, Gotham Chess. Rencana pertandingan Dadang Subur vs GM Irene Sukandar ini turut disambut antusias oleh warganet yang ingin melihat langsung permainan dari Dewa Kipas. Di platform Twitter misalnya, postingan soal laga ini mendapatkan 2.613 Retweet dan 12k Likes.

Percaturan Indonesia

Saling ketergantungan dan saling keterhubungan merupakan hal yang sulit untuk dihindari. Era reformasi yang diawali krisis moneter tahun 1998, merupakan bukti kuatnya pengaruh globalisasi terhadap dinamika kehidupan nasional. Sejak era reformasi digulirkan tahun 1998, dari perspektif kehidupan demokrasi, kehidupan politik nasional mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Kebebasan dan keterbukaan dalam menyampaikan pendapat, menjadi ciri kehidupan masyarakat sehari – hari. Undang-Undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri masih menggunakan Garis-Garis Besar Haluan Negara sebagai landasan operasional politik luar negeri Indonesia, yakni sebagai landasan pelaksanaan yang menegaskan dasar, sifat, dan pedoman perjuangan untuk mencapai tujuan nasional. Perubahan politik luar negeri yang terjadi saat ini membuat Undang- Undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri yang ada saat ini tidak lagi memadai dan membutuhkan penyesuaian dengan kondisi internasional saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *