Begini Cara Bangkitkan Industri Pariwisata Di Tengah Pandemi Covid

Dinas hanya sebatas bertugas menyusun protokol-protokol kesehatan untuk industri pariwisata, sementara Satgas yang menilai, layak atau tidaknya dibuka sektor tersebut. Juru Bicara Kemenparekraf, Prabu Revolusi mengatakan, Bandar Slot Online saat ini masyarakat dan negara-negara di seluruh dunia masih wait and see untuk mulai membuka kembali perjalanan wisata. Pasalnya, ketidakpastian masih tinggi dan sejumlah negara juga dilanda gelombang kedua Covid-19.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 terkontraksi cukup dalam hingga -5,32%. Jika kuartal III pertumbuhan ekonomi kembali terkontraksi, maka Indonesia dipastikan masuk jurang resesi. Sejumlah sektor industri pun alami kerugian akibat pandemi virus SARS-CoV-2 yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina, akhir tahun lalu ini, tak terkecuali industri pariwisata. Program percepatan vaksinasi yang dijalankan Kemenparekraf/Baparekraf, telah memasuki bulan ke-6.

Dari informasi objek wisata hingga potensi rawan bencana akan tersaji di sana. Namun, seperti yang dijelaskan Deputi Bidang Industri dan Investasi Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Fadjar Hutomo, dalam mendorong suatu destinasi wisata diperlukan ekosistem pariwisata yang ramah. Kunjungan wisatawan di Asia sangat terengaruh pembatasan perjalanan bagi wisatawan Cina. Tempat wisata yang biasa ramai seperti kuil Senso-ji di Tokyo dan kompleks kuil Angkor Wat di Kamboja telah melaporkan penurunan dramatis jumlah pengunjung. Kementerian Pariwisata Thailand pada 9 Maret melaporkan penurunan 44% untuk Februari.

Alhasil, belakangan ini muncul beberapa gaya liburan masyarakat dan diprediksi akan menjadi tren wisata di 2021. Untuk Bali yang disiapkan itu daerah yang sudah zona hijau seperti Sanur, Nusa Dua dan Ubud. Tiga daerah ini di diharapkan bisa seperti gelembung atau yang bisa berdampak pada daerah lainnya. Sedangkan untuk Batam dan Bintan yang disiapkan adalah Nongsa di Batam dan Lagoy di Bintan.

Pariwisata disaat pandemi

Sudah menjadi hal yang sangat lumrah kalau ingin liburan pasti sebagian besar traveler bergabung dengan agen journey. Traveler beranggapan, dengan menggunakan jasa agen journey, liburan menjadi lebih praktis dan waktu ke setiap tujuan tempat wisata sudah terjadwalkan dengan baik. Selain berolahraga teratur ada satu lagi kebiasaan yang dilakoni suami dari Nur Asia ini.

Beberapa contoh event-event terkenal bertaraf internasional yang bisa mendatangkan banyak wisatawan diantaranya Rio de Jenairo Carnival di Brazil, Carnival in Venice di Italia, Dubai Expo di Uni Emirat Arab, dan yang lainnya. Sejak pandemi Covid-19 ini, beragam event-event pariwisata banyak yang dibatalkan, dan strategi pariwisata pun beralih dengan mengandalkan konsep MICE seperti pertemuan dan rapat-rapat yang pesertanya lintas negara. Pengembangan pariwisata dengan konsep MICE tersebut tentunya harus memenuhi Safe Management Measures untuk memastikan diterapkannya protokol kesehatan dengan ketat. Selain keindahan alam, wisatawan juga tertarik mengunjungi suatu destinasi wisata karena kekhasan budayanya. Kekhasan budaya ini memberikan warna tersendiri yang menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang.

Tata

Leave a Reply