Menu Close

Alasan Wirausaha Penting Bagi Mahasiswa

Alasan yang kemudian membuat Jack Ma gagal di perguruan tinggi. Atas kondisi ini, dengan berat hati Teh Ina memutuskan untuk sementara waktu merumahkan seluruh karyawannya yang berjumlah 18 orang untuk menghindari kerugian lebih besar. Ia mengaku terpaksa memberhentikan sementara aktivitas produksi simping sejak tiga pekan terakhir karena jumlah daya beli masyarakat menurun. “Kantor cabang kami tersebar hampir di setiap kota di Indonesia. Dan kami juga bekerja sama dengan pabrik untuk pembuatan produk kami yang lebih berkualitas bentuk dari komitmen kami dalam memberikan kepuasan,” katanya. “Penolakan dan cemoohan dari teman serta keluarga sempat diterima.

Meskipun seminar, workshop, atau buku tersebut diisi oleh orang-orang terkenal, pastikan topiknya benar-benar yang kamu butuhkan. Biasanya hal-hal yang dibahas di seminar dan workshop tersebut seperti ini, “jangan kerja keras, harus kerja cerdas”, “harus berani ambil resiko”, “jangan takut gagal”, “kejar ardour anda”. Misalnya, orang yang berjualan pulsa tapi tidak melakukan apapun selain berjualan pulsa.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan area of interest teknologi & digital advertising lebih dari four game slot online tahun. Selama belajar berdagang, Bong kerap mendapat cemooh dan sindiran dari teman- temannya. Saat teman- temannya menikmati hidup, ia harus memutar otak untuk menyelesaikan masalah ekonomi keluarganya.

Tirta menganggap kalau semua yang dijual olehnya akan laris manis. Tapi, kali ini tebakannya salah, ia harus merugi karena barang yang datang tidak sesuai harapannya. Jenis pakaiannya sendiri bisa dipilih mana yang sesuai dengan target pasar yang dituju. Ada berbagai jenis pakaian yang bisa dijadikan produk jualan, mulai dari pakaian impor, baju muslim, jersey, dan lain-lain.

Apalagi cakupan usaha ini sangatlah luas dan memiliki kesempatan yang besar dalam berinovasi. Karena peluang usaha di pedesaan ini sangatlah dinamis perkembangannya, sehingga sangat cocok untuk anak muda yang mempunyai semangat untuk belajar dan berinovasi. “Kami berharap mahasiswa kami bisa mencontoh mahasiswi tersebut berani membuat produk, berani berbisnis, berani mengambil resiko. Bisa menyeimbangkan kuliah, bisnis, memproleh prestasi di bangku perkuliahan dan menjadi lulusan terbaik. Sehingga lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Palangka Raya bisa membuka lowongan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran bukan para pencari kerja,” tutur Rinto. Buktinya, saat kuliah di Binus, ia mendirikan clothing line Men’s Republic yang sukses digandrungi hingga ke Asia Tenggara.

Di tahun 2003, ia diterima bekerja di perusahaan PT Bina Swadaya Takalar. Sepulang dari bekerja, Hamka tak lupa mampir di masjid dekat rumahnya untuk mengajar anak-anak di TKA-TPA. Taman Pendidikan Alquran ini dirintis Hamka sejak tamat kuliah. Selain itu, ia punya klinik spa dan anti-aging Andaru Spa dan Anindya Spa. Levita bahkan ‘mengawinkan’ jiwa entrepreneur dan profesinya di bidang hukum, dengan membuka kantor konsultan hukum dan franchise LS & Partner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *